Selasa, 05 Februari 2008

Tips Mengembangkan Karir


Prinsip yang harus di bangun adalah apapun pekerjaan anda, asal halal, maka cintailah pekerjaan anda!

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mulai mencintai pekerjaan anda:

Fokus pada bagaimana anda bekerja bukan pada apa yang anda kerjakan
Banyak orang berasumsi bahwa kepuasan bekerja dapat diperoleh ketika berada di lingkungan kerja yang tepat. Hal ini tidak selalu benar. Meskipun anda tidak berada di tempat yang anda impikan bukan berarti anda tidak bisa mencintai pekerjaan anda.

Sesuaikan kemampuan dengan tujuan perusahaan
Identifikasi kelebihan anda, dan cari tahu apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini dan masa datang. Cari tahu pula apa peran yang bisa anda mainkan untuk mencapai tujuan perusahaan. Penyesuaian antara kemampuan anda dengan tujuan perusahaan akan menjadi kombinasi yang sempurna, juga akan memunculkan atmosfir kompetisi yang sehat di tempat anda bekerja.

Ingat, uang bukan segalanya
Penghasilan hanyalah satu dari sekian alasan anda bekerja. Ingat bahwa pengalaman dan pengembangan diri yang akan anda dapatkan dalam sebuah pekerjaan, lebih berharga dari selembar uang.

Sadari kekurangan, Benahi Diri
Tak ada orang yang sempurna di dunia ini. Maka anda harus berusaha mencari kekurangan diri anda, dan berusaha mencari pemecahannya. Kalau perlu melibatkan orang lain yang anda anggap kompeten tidak mengapa. Dengan cara ini anda akan lebih mudah mengembangkan diri.

Yakinilah bahwa pekerjaan anda berharga
Kalau anda tidak dapat menemukan hal yang menarik dari pekerjaan anda, cari tahu alasannya. Mungkin bukan pekerjaan baru yang anda butuhkan tapi bagaimana mengubah pola pandang anda terhadap pekerjaan anda tersebut. Tantang diri anda untuk menciptakan kondisi yang menarik dari kondisi yang anda rasa tidak menyenangkan saat ini.

Ikutilah pelatihan
Pada umumnya perusahaan mempunyai anggaran untuk pengembangan diri para karyawannya. Seperti kursus computer, pelatihan kepemimpinan dan organisasi, pelatihan manajemen, team building, dan lain lain. Mengikuti pelatihan yang terkait dengan pekerjaan anda bisa jadi akan mengubah cara pandang anda terhadap pekerjaan. Siapa tahu dari situ anda akan mengubah cara pandang anda terhadap pekerjaan. Siapa tahu dari situ anda akan menemukan hal menarik dari pekerjaan anda.

Syukurilah
Yang paling penting adalah syukurilah apa yang anda miliki saat ini. Rasa syukur ini akan membuat anda mulai belajar mencintai apa-apa yang anda miliki, salah satunya adalah pekerjaan anda.

FL: Gambar diambil dari sini http://www.c59.co.id/

0 komentar: