Senin, 04 Februari 2008

Keputihan


Keputihan (leukorea, white discharge, flour albus) adalah hal yang biasa dialami oleh setiap wanita normal. Biasanya terjadi saat pertengahan siklus haid dan hamil, berupa lender bening yang dihasilkan kelenjar di vagina.


Fungsinya untuk:

  • Mempertahankan suasana vagina dalam keadaan asam, sehingga memperkecil kemungkinan masuknya kuman ke vagina yang berlanjut ke rahim
  • Sebagai pelumas saat penetrasi penis ke dalam vagina sehingga tidak terjadi luka.

Tapi kalau ternyata cairan ini berlebihan, disertai rasa gatal, bau tidak sedap dan warna lendirnya yang biasanya jernih menjadi abu-abu atau kekuningan maka harus diwaspadai. Ini berarti jamur candida penyebab keputihan tidak normal sudah mengganggu anda. Keputihan tidak normal bisa disebabkan bermacam-macam hal, seperti kurangnya perawatan pada daerah sekitar vagina sehingga menjadi lembab dan memudahkan jamur candida tumbuh subur.

Jika keputihan yang anda alami masih dalam batas yang wajar, anda bisa melakukan perawatan sebagai berikut:

  • Bersihkan vagina dengan mencucinya secara teratur menggunakan air bersih dan sabun yang lembut, lalu keringkan dengan tisu atau handuk yang bersih.
  • Jika ingin menggunakan cairan pembersih atau obat anti septic, sebaiknya jangan memakai secara berlebihan karena dapan mengubah keadaan PH vagina yang asam menjadi basa, sehingga kuman baik yang menjaga kelembaban daerah vagina anda malah berkurang.
  • Gantilah celana dalam minimal dua kali sehari, dan hindari memakai celana dalam terlalu ketat, berwarna gelap atau dari bahan yang tidak menyerap keringat. Sebaliknya pilihlah yang terbuat dari katun yang efektif menyerap keringat.
  • Setelah buang besar, bersihkan vagina dari arah depan kebelakang untuk mencegah berpindahnya kuman
  • Hindari pemakaian celana panjang yang ketat karena akan menghambat sirkulasi udara yang akan masuk ke dalam vagina, dan hal ini akan memudahkan tumbuhnya jamur candida.
  • Berikan perhatian ekstra daerah sekitar vagina pada saat menjelang dan sesudah menstruasi, saat kehamilan, serta pasca persalinan.

Jika keputihan tidak normal, jangan melakukan tindakan seperti menambah cairan pembersih yang anda gunakan. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter sehingga mendapatkan pengobatan yang tepat.


0 komentar: