Sabtu, 09 Februari 2008

Penanganan Terhadap Osteoporosis


Pencegahan
Sejak muda, bahkan sejak balita sebaiknya selalu menjaga asupan gizi empat sehat lima sempurna, enam halal. Sehingga diharapkan masa pertumbuhan dapat terkumpul kepadatan tulang dalam kondisi puncak. Susu dan produk susu lainnya sangat penting dikonsumsi bahkan untuk seumur hidup.

Banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, misalnya sayuran, ikan terutama ikan teri. Jika perlu boleh juga menambah asupan kalsium lewat suplemen makanan sesuai petunjuk dokter.

Olahraga dengan teratur untuk melatih agar otot dan tulang tetap kuat dalam jangka waktu yang lama.

Berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mengubah pro-vitamin D di bawah kulit menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan tubuh dalam pembentukan tulang.

Menghindari atau mengurangi makanan dan minuman yang dapat mengurangi penyerapan kalsium oleh tubuh. Misalnya garam, kopi, the, soft drink (yang mengandung soda atau natrium), alkohol, dan merokok.

Pengobatan
Pengobatan dengan obat-obatan yang dapat menghambat atau memperlambat penipisan tulang. Juga bisa dengan terapi hormone bagi yang menderita osteoporosis karena monopause. Caranya dengan menyuntik pasien dengan hormone pengganti atau sintetis. Aturannya menurut petunjuk dokter.

Terapi non medis misalnya menjaga keamanan pribadi, menjaga asupan gizi yang baik, menambah asupan kalsium, berolahraga dan mengoptimalkan penyerapan kalsium oleh tubuh, yaitu dengan berhenti merokok, minum alcohol, the, kopi, soft drink, dan mengurangi asupan garam natrium.

Hindari benturan dan jatuh dengan meningkatkan keamanan pribadi. Misalnya dengan memasang keset karet di kamar agar tidak mudah terpeleset. Untuk manula sebaiknya pada bagian-bagian tertentu di rumah dipasang handle atau pegangan pengaman untuk berpegangan agar tidak mudah jatuh.

Keamanan berkendaraan, misalnya dengan menggunakan sabuk pengaman, bantalan leher, dan menghindari naik sepeda motor.

Tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alcohol, secara rutin memeriksakan kesehatan mata, memakai kaca mata bila perlu untuk menjaga kesempurnaan pandangan.

Ingat, kegagalan penanganan penderita osteoporosis dapat berakibat cedera tulang berat seperti patah, yang dapat berakibat cacat bahkan kematian.

FL: Gambar diambil dari http://pmr.penerangan.gov.my/

0 komentar: