Minggu, 10 Februari 2008

Sariawan


Sariawan merupakan bahasa awam untuk berbagai macam benjolan yang timbul di rongga mulut. Benjolan ini beragam. Mulai dari tingkat yang paling parah, sampai yang biasa-biasa saja. Namun biasanya jenis sariawan yang sering timbul sehari-hari pada rongga mulut kita dalam istilah kedokteran gigi disebut Stomatitis Aftosa Rekuren (SAR).

Gejala Sariawan
Jika rongga mulut atau lidah terasa sakit atau panas terbakar hingga mengakibatkan kita sulit makan dan minum, itu pertanda kita terserang sariawan. Sariawan bisa menyerang siapa saja, dari bayi sampai orang tua. Biasanya daerah yang sering terserang sariawan adalah pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah dan langit-langit mulut. Dalam tingkat yang lebih parah, sariawan muncul dalam bentuk lobang-lubang besar dalam rongga mulut. Jika gusi anda tiba-tiba mempunyai gelembung yang menyakitkan, itupun bagian dari sariawan.

Penyebab Sariawan
Tidak sepenuhnya disebabkan oleh kekurangan vitamin C seperti anggapan banyak orang. Sariawan tumbuh akibat tubuh kekurangan vitamin B12 dan zat besi. Selain itu juga disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Dan yang paling berpengaruh justru kondisi psikologis kita sendiri. Sariawan berhubungan dengan stress. Semakin banyak tekanan psikis terjadi potensi sariawan kita akan semakin besar. Sariawan juga berhubungan dengan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Kebiasaan makan rujak, mie pangsit atau bakso, dan kemudian minum air es memiliki resiko terkena sariawan. Sariawan juga sering timbul akibat susunan gigi yang tidak teratur yang dapat menyebabkan luka pada mulut bagian dalam.

FL: Gambar diambil dari http://www.tabloid-wanita-indonesia.com/

0 komentar: