Kamis, 07 Februari 2008

Osteoporosis (Penyakit Rapuh Tulang)


Penyakit osteoporosis atau tulang rapuh biasanya terjadi pada orang dengan usia lanjut. Pada wanita osteoporosis lebih banyak ditemui setelah mereka menopause. Faktor resiko meningkat dengan bertambahnya usia. Namun ada juga penderita yang masih berusia di bawah 50 tahun.

Penyebab Osteoporosis
Penyakit ini terjadi karena berkurangnya kepadatan tulang. Tulang menjadi tipis dan keropos. Berkurangnya kepadatan tulang pada tubuh merupakan proses alami, karena faktor usia, genetis dan hormone.

Gejala-gejala penyakit osteoporosis
Gejalanya tidak selalu dikenali bahkan sering tidak terdeteksi sehingga penyakit ini disebut juga the silent killer. Penderita biasanya tidak merasakan nyeri apapun. Walaupun sebenarnya penderita dapat mulai merasakan mulai dari nyeri ringan, sedang, berat, sampai penderita tidak mampu bangun dan melakukan aktivitas sehari-hari. Penderita juga sering dikejutkan dengan cedera tulang yang tiba-tiba saja diderita hanya karena terbentur dan jatuh. Karena tulang penderita menjadi lebih rapuh dari kondisi normal, maka benturan ringan atau jatuh biasa dapat mengakibatkan tulang patah atau retak.

FL: Gambar diambil dari http://www.nlm.nih.gov/

0 komentar: